Pertanyaan ini dulu sering membayangi pikiran saya setiap saya bertemu trader baru. Apakah trading menyenangkan? Sejujurnya, dulu jawabannya iya, sekarang trading terasa membosankan. Lho kok bisa?

 

Jadi begini ceritanya. Diawal-awal trading, terasa sekali kesenangan berjam-jam didepan grafik. Alasannya, saya begitu menikmati open posisi trading yang profit walaupun cuma beberapa dollar. Saya membuka posisi banyak sekali dalam satu hari, karena memang ada kesenangan tersendiri ketika kita bisa profit dari trading kita. Dengan kata lain, kesenangan itu datang karena saya sedang berjudi di forex. Saya membeli hanya karena saya rasa mau naik dan saya jual karena saya rasa akan turun.

Faktanya, saya lebih banyak lossnya daripada profit. hahaha. Lah kok senang, ya memang loss masih bisa senang, akunnya masih akun kecil jadi dampak psikologis yang ditimbulkan masih tidak menyakitkan. Beda halnya pada saat saya loss besar, saya sampe depresi 3 bulan sebelum bangkit dan mulai trading lagi.

 

Entah kenapa, saya sangat menikmati waktu santai saya disaat tidak trading di akhir pekan, saya bisa membaca buku sepuasnya, menonton video youtube yang disukai, dan hampir sedikit sekali membicarakan tentang trading kecuali waktu untuk evaluasi dan riset di akhir pekan.

 

Perlu diketahui, saya telah memutuskan untuk belajar trading sejak 2014 atau 4 tahun lalu. Sejak saat itu, hidup saya seperti semuanya untuk trading. Saya berbicara tentang trading, bangun tidur hingga tidur kembali 80% adalah kegiatan berkaitan dengan trading.

 

Lalu kenapa sekarang trading terasa membosankan? Jawabannya adalah karena sekarang saya trading menggunakan sistem yang sama setiap trading. Saya konsisten menggunakan sistem saya dan hanya membuka posisi yang sesuai dengan apa yang telah ditunjukkan oleh sistem. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut menjadi kegiatan yang rutin dan membosankan. Pada saat ini 90% dari trading saya terasa membosankan, dan hanya 10% yang menyenangkan. Tidak ada lagi trading berdasarkan feeling mau naik atau feeling mau turun seperti layaknya diawal-awal saya trading.

Bagian menyenangkan dari trading adalah kesenangan melihat tumbuhnya akun sedikit demi sedikit. Bisa profit dan konsisten adalah kesenangan yang luar biasa karena saya sudah memimpikan bisa trading konsisten profitable dari 4 tahun yang lalu.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.