Database tersebar (distributed database) disebut blockhain. Transaksi dikumpulkan dalam satu blok transaksi kira-kira setiap 10 menit. Blok transaksi ini disimpan satu persatu dalam rantai blok, oleh karena itu disebut blockchain.  Sistem ini mungkin cara yang aneh dalam menyimpan informasi, dibandingkan dengan database biasa. Blockchain dirancang untuk bisa bertahan terhadap serangan apapun didalam jaringan.

Blok terhubung untuk menciptakan rekaman jejak transaksi yang tidak bisa diubah. Hubungan antara blok adalah tautan kriptografi yang tidak bisa dipalsukan kecuali penyerang (attacker) mempunyai sumber daya komputasi yang besar.

Selain dengan blockchain, nodes menjaga database tambahan yang disebut Unspent Transaction Outputs (UTXO). UTXO adalah buku kas yang merekam nilai uang yang terdapat dalam masing-masing alamat, seperti cache untuk blockchain. Ketika transaksi baru dibuat, UTXO diupdate: uang dari alamat pengirim akan dikurangi dan alamat penerima akan menerima nilai yang dikirimkan.  UTXO lebih mirip seperti database pusat dalam sistem database terpusat. Gambar 1 dibawah menunjukkan bagaimana gambaran Bitcoin sebagai buku kas tersebar.

Gambar 1. Bitcoin sebagai buku kas yang tersebar

Setiap node dalam jaringan menyimpan salinan dari buku kas yang tersebar. Salinan tersebut secara konsisten ada dalam setiap nodes.

Bitcoin mencapai konsensus dalam database tersebar menggunakan beberapa instruksi kriptografi. Kekuatan komputasi ini menyediakan proteksi melawan serangan dan dihadiahi dengan bitcoin baru yang keluar. Protokol mengkode jadwal pembuatan bitcoin baru, dan semua bitcoin baru yang dibuat didistribusikan antara mereka untuk mengamankan blockchain, disebut miners (penambang). Penambang (miners) bersaing untuk menciptakan blok transaksi yang ditambahkan kedalam blockchain. Penambang yang menciptakan blok transaksi ini dihadiahkan block reward yang terdiri dari beberapa buah bitcoin yang baru saja diciptakan.

Gambar 2 dibawah ini menunjukkan jadwal pengeluaran bitcoin. Kecepatan pengeluaran bitcoin baru dibagi setiap empat tahun, jadi pada akhirnya jumlah total bitcoin akan mencapat 21 juta.

Gambar 2. Jadwal Pengeluaran Bitcoin

Penambang juga mendapatkan tambahan penghasilan dari fee transaksi yang dipublikasikan dalam blockchain. Fee adalah bagian kecil dari kompensasi penambang keseluruhan, saat ini berada dibawah 1% dari total kompensasi.

Selama akhir 2013 dan awal 2014 ada kenaikan investasi dalam perlengkapan mining Bitcoin. Diperkirakan lebih dari 200 juta dollar diinvestasikan dalam perlengkapan mining di 2013. Investasi ini kemudian menggerakkan kenaikan harga bitcoin dan evolusi teknologi dalam perlengkapan mining.

 

Diambil dari buku Understanding Bitcoin oleh Pedro Franco

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.